Implementasi Toolbar Iframe


Bismillahirrohmanirrohim....

Mumpung lagi semangat ngetik jadi mau bikin artikel sederhana mudah-mudahan aja ada yang lagi nyari ni topik, ya mumpung belum ilang status semangatnya ni!!! yaitu tutorial Membuat Toolbar Iframe. kegunaan dari toolbar iframe ini biasanya digunakan pada sebuah halaman demo / preview templates dan juga halaman download. Saya yakin kamu pasti pernah menemui sebuah link dengan Toobar Iframe ini kebanyakan memang pada sebuah Link Demo templates atau Link Download file.



Yang akan kita buat disini yaitu Membuat Toobar Iframe dengan menggunakan Blog di Blogspot, kita bisa menggunakan sebuah subdomain ataupun membuat sebuah blog baru untuk dijadikan halaman kosong sebagai halaman iframe dengan toolbar tersebut, sebenarnya Toolbar Iframe ini bisa diterapkan di halaman Posting atau pada Halaman Mandiri Blogger tetapi yang ini akan saya bahas berikutnya.



Contoh yang pernah saya buat : http://toolbariframe.blogspot.com/?url=zonablogger.com



Nanti kita cukup manambahkan URL yang akan dijadikan sebagai halaman Iframe misalnya http://blogkamu.blogspot.com/?url=blogspot.com (teks seperti berwarna merah yang nantinya perlu kita tambahkan ).



Berikut cara membuat Toolbar Iframe untuk halaman Live Demo.

1. Buatlah blog baru di blogspot (cara membuat blog bisa dibaca disini)



2. Kemudian download Template Blank Toolbar Iframe yang telah saya buat Di sini...! (Template ini sudah saya sertakan Menu Toolbar jadi kamu tidak perlu membuatnya)



3. Sekarang Masuk ke Dasboard >> Layout >> Edit HTML untuk mengganti template dengan template blank Toolbar Iframe (cara mengganti template bisa baca disini)



4. Jangan lupa untuk menghapus semua widget.



5. Kalau sudah berhasil diganti templatenya berarti sekarang sudah selesai.



Bagaimana cara menggabungkan antara URL iframe dengan URL tujuan, mudah saja berikut caranya :

Misalnya URL utama : http://blogkamu.blogspot.com/


Maka ditambah menjadi : http://blogkamu.blogspot.com/?url=blogspot.com  

(warna kuning nama blog kamu)


(warna merah yaitu URL target yang perlu ditambahkan) 


(warna hijau yaitu tambahan wajib setiap ingin menampilkan halaman menggunakan iframe) 




Bagaimana cukup mudah kan untuk diterapkan, untuk berikutnya saya akan posting tentang cara membuat Toolbar Iframe dengan menggunakan JavaScript untuk halaman live demo atau download.

Posting Komentar